Monday, July 17, 2006

SORROW, part one.


A laundry list of problems doesn't make you interesting,
And never getting help doesn't make you brave,
Not listening to reason doesn't mean that you have faith.

Masalah-masalah yang kau punya tidak membuatmu diperhatikan
Tidak meminta tolong bukan berarti keberanian
Dan keyakinan bukan berarti kau menolak menggunakan logika

Kalau lo gak ignoran banget, pasti lo nyadar sering lihat orang-orang yang seakan-akan hidupnya menderita banget. "Gue dimarahin nyokap/diputusin pacar/dapet nilai jelek/ditolak cewe/dibully temen sekolah" dan lain-lain. Laundry listnya nggak bakal berhenti. Ada aja masalah yang dateng tiap hari. Dan apa yang timbul di pikiran lo kalo denger ada yang ngomong kayak gitu nggak berhenti??
-kasihan
-prihatin
-pengen bantu

atau malah

-sebel
-ni anak rese banget sih, kaya gue gak punya masalah gue sendiri aja
-akhirnya malah cuma menghibur sekenanya tanpa solusi

Untuk orang-orang yang suka mengeluh tentang dirnya sendiri gitu, bagi gue pribadi kadang2 mereka memang nyebelin. Semua penderitaan yang mereka bagi ke kita bikin kita nggak enak hati sendiri. Memang bener kalo ada orang2 yang memang harus dibantu kalo lagi bermasalah. Tapi yang susah itu orang2 yang hanya berusaha membuat dirinya sendiri menarik dengan penderitaannya.

Adanya tukang mengeluh ini emang bukan salah mereka. Dari kecil kita udah belajar, kalo kita menangis lebih keras daripada saudara kita yang lain, kita akan lebih diperhatikan. Ya, hal ini nggak berubah ampe kita udah gede sekarang. Penderitaannya aja yang berubah. Mungkin kalo dulu kita nangis karena nggak boleh main, kalo sekarang kita nangis karena dimainin cewe. Masih urusan "mainan" toh? Same old-same old.

Pertanyaannya sekarang, kalo berkeluh-kesah terkesan menjijikan, lalu apa sebaliknya kita nggak usah minta tolong sama siapapun? Diam, simpan dalam hati semua kesedihan lo dan bersikaplah seakan-akan lo ksatria yang pulang dari medan perang, berdarah dan tercabik disana-sini, tapi tetap tersenyum?

And never getting help doesn't make you brave....

to be continued....




-Rahardhi

1 comment:

Kotak selalu said...

Di
Formatnya kok sama?
gw bikin blog yang isisnya renungan
then
cara nulisnya mirip

otak gw g sama am lu
Btw,
Advocates of love?
In france rite?
Walauwe, dari kamus y?
Y ud d,nama itu biasa aj..
Banyak tmen gw kyk gt